Jumat, 10 Maret 2017

BAHAYA PENGGUNAAN PERANGKAT PONSEL DI TEMPAT KERJA

 


Kita semua tahu penggunaan perangkat ponsel pada saat mengemudi dapat menyebabkan kecelakaan. Lalu bagaimana dengan penggunaan perangkat ponsel di tempat kerja ?

Bekerja pada kegiatan operasi yang sibuk terutama pada pekerjaan yang berhubungan dengan mesin dan alat berat membutuhkan konsentrasi khusus. Kurang konsentrasi dan gangguan – gangguan lain pada saat bekerja dapat menyebabkan bahaya pada diri sendiri seperti cidera, kerusakan properti, atau bahkan yang terburuk adalah kematian. Penggunaan perangkat ponsel pada saat bekerja dapat mengalihkan pikiran dan mendekatkan pada bahaya. Pada saat melakukan percakapan bukan tidak mungkin pekerja akan menyingkirkan Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan selama percakapan kondisi tersebut dapat menyebabkan diri pekerja dalam keadaan bahaya terutama pada saat kontak dengan mesin dan alat – alat berat.

Pengendalian :
1.   Untuk menghindari diri dari gangguan akibat perangkat ponsel, jangan menggunakan perangkat ponsel saat dalam lingkungan pekerja terutama pada risiko pekerjaan tinggi dan kecuali memiliki ijin dari koordinator atau atasan.
2.    Jangan menggunakan ponsel saat kegiatan operasi seperti mesin, alat berat, peralatan housekeeping, dan kendaraan.
3.    Jangan menggunakan ponsel pada area yang mudah terbakar
4.    Gunakan ponsel pada saat urgent seperti menerima panggilan dari keluarga untuk masalah penting dengan keluar dari area kerja dengan ijin atasan.
5.    Untuk akses penting saat sedang melakukan pekerjaa, pergilah kearea aman agar dapat mengakses ponsel.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...