Kamis, 07 Desember 2017

ANATOMI GANGGUAN PENDENGARAN



Anatomi gangguan pendengaran
Kita semua tahu bahwa melindungi telinga terhadap suara yang ekstrim dapat mencegah gangguan pendengaran. Paparan tingkat kebisingan tinggi adalah penyebab nomor satu dari gangguan pendengaran. National Institute of Health menemukan bahwa sekitar 15% dari semura orang Amerika berusia 20 – 69 tahun memiliki frekuensi pendengaran tinggi. Masalahnya serius, tapi juga bisa dicegah.ada tiga tipe utama gangguan pendengaran :
1.       Gangguan pendengaran sensorineural
2.       Gangguan pendengaran konduktif
3.       Gangguan pendengaran pusat

Anatomi telinga 
Telinga manusia terdiri dari tiga area utama. Telinga luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam . telinga luar terdiri dari auricle kanal pendengaran eksternal dan permukaan lateral membran timpani. Telinga tengah berisi permukaan medial membran timpani, rantai ossicular, tabung eustachius, dan segmen timpani saraf. Telinga bagian dalam terdiri dari saraf pendengaran vestibular, koklea dan sistem vestibular.

Bagaimana kebisingan mempengaruhi telinga ?
bila telinga terpapar kebisingan yang terlalu keras, gelombang suara dapat mulai membunuh sel di dalam telinga bagian dalam. Pada jangka waktu lama, kebisingan dapat membunuh sel – sel rambut dengan jumlah banyak. Semakin banyak sel rambut yang terbunuh, semakin rusak sistem pendengaran telinga hingga kerusakan permanen.

Bagaimana jika ada kebisingan ?
Menurut standar OSHA, paparan kebisingan secara terus meneruts dengan tingkat kebisingan di atas 85 dB dapat menyebabkan gangguan pendengaran progresif terhadap banyak pekerja. Tingkat kebisingan yang lebih tinggi akan meningkatkan kerusakan secara signifikan. Tanpa perlindungan pendengaran, waktu pemaparan yang yang dapat diterima turun setengahnya untuk setiap kenaikan 5 dB pada tingkat kebisingan saat ini : Misalnya pada 90 dB, 4 jam perhari pada 95 dB dan per hari pada 100 dB. Telinga yang tidak terlindungi oleh alat pelindung pendengaran tidak boleh terpapar 115 dB selama lebih dari 15 menit per hari.

Apa yang harus dilakukan ?
Jika kebisingan yang berlebih tidak dapat dihindari, pastikan untuk memakai perlindungan pendengaran terutama jika anda berada disekitar mesin, menggunakan perkakas listrik. Proteksi pendengaran menurunkan intensitas ombak yang mencapai telinga bagian dalam.

Penyumbatan telinga dapat dimasukan ke telinga luar dan akan menguranfi intensitas suara keras. Untuk bekerja dengan aman, penyumbat telinga harus benar – benar terpasangan dengan baik. Sebaiknya gunakan pelindung telinga dengan silikon bukan dengan penyumbat telinga dari busa atau kapas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...