Rabu, 13 Desember 2017

Pekerja Wanita di Tempat Kerja



Lebih dari 58% wanita Amerika Serikat  mendominasi tempat kerja. Wanita menghadapi tantangan kesehatan di tempat kerja yang berbeda seperti wanita cenderung memiliki kasus carpal tunnel syndrome , tendonitis, penyakit pernafasan, penyakit menular, kegelisahan, gangguan stres lebih tinggi daripada pria. Faktor sosial, ekonomi, dan budaya juga bagi perempuan yang berisiko mengalami luka dan penyakit. Sementara eksposur di tempat kerja dapat mempengaruhi reproduksi laki – laki maupun perempuan. Di bawah ini, akan ada ringkasan terhadap bahaya yang dihadapi perempuan di tempat kerja.

Isu Masalah Reproduksi Perempuan di Tempat Kerja
Di dunia kerja, terdapat sekitar 75% wanita usia reproduktif . lebih dari separuh anak yang lahir di Amerika Serikat lahir dari ibu yang bekerja. Saat seseorang wanita hamil bekerja, paparannya di tempat kerja dapat mempengaruhi bayinya yang sedang berkembang. Rendahnya kadar zat kimia dan zat lain yang mungkin tidak berbahaya bagi ibu. Beberapa pekerja berisiko seperti di kalangan perawat, ahli kecantikan, pekerja pertanian, pramugari. 


Banyaknya pekerja yang hamil di tempat kerja diharapkan agar sebagian besar pekerja hamil dapat mengurangi risiko konsekuensi kesehatan ibu dan janin. Diharapkan  wanita hamil yang bekerja dalam kondisi sehat selama bekerja.

Ergonomi
Pekerja wanita memiliki lebih banyak kasus gangguan muskuloskeletal yang berkaitan dengan pekerjaan yang menyerang pada otot, saraf, tendon, tulang rawan, lengan, kaki, leher atau punggung daripada  pria. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami perbedaan  gangguan muskuloskeletal antara pria dan wanita ini.

Stres/organisasi kerja
Tingkat penyakit terkait stres. Stres kerja selalu dikaitkan dengan penyakit jantung, gangguan otot/tulang, depresi, dan kelelahan. NIOSH bekerja untuk menemukan penyebab stres di tempat kerja dan cara mencegahnya. Tidak seimbangnya tugas kerja dan keluarga dapat memberi tekanan berlebih pada wanita yang di hampir  semua keluarga memiliki tanggungjawab utama untuk mengurus anak dan orang tua. Pada tahun 2011, lebih dari 70% ibu dibawah 18 tahun berada dalam angkatan kerja. Ketika tuntutan tanggungjawab antara keluarga dan pekerjaan datang bersamaan, maka timbulah stres sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental.

Selain itu, wanita lebih mungkin dibandingkan pria bekerja paruh waktu, sementara atau  kontrak kerja sementara. Wanita yang  bekerja dalam kondisi tidak aman (unsafe action) dapat berpotensi membawa masalah. Sehingga apabila menemukan kondisi tidak aman yang berhubungan dengan pekerja segera laporkan kepada pihak terkait.

Kanker
Di Amerika Serikat 232.340 terdapat kasus baru kanker payudara pada wanita dan 12.340 kasus baru kanker serviks  yang terlapor pada tahun 2013. Paparan di tempat kerja untuk zat bebrahaya dapat berperan dalam pengembangan tingkat keparahan kedua kanker ini.

Kekerasan
Dibanding pria, wanita memiliki banyak kematian terkait pekerjaan. Namun, pada tahun 2011, kasus pembunuhan menyebabkan 26% kematian pada pekerja wanita, hal ini menjadi penyebab kematian kedua di tempat kerja. Sementara sepertiga kasus pembunuhan di tempat kerja diantaranya terkait dengan perampokan.  Hampir 2 dari 5 kasus pembunuhan di tempat kerja dilakukan oleh kerabat/rekan kerja.

Perlengkapan Pelindung Pribadi
Wanita memungkin menghadapi gangguan kesehatan dan keselamatan kerja lebih tinggi dibandingkan pria. Fungsi pelindung seperti resipirator, sarung tangan, sepatu kerja dan peralatan pelindung lainnya dapat disesuaikan dengan pekerjaan.

Informasi spesifik industri
Hampir dalam semua aspek kerja di Amerika wanita selalu memiliki peran. Beberapa industri berikut ini mempekerjakan sejumlah wanita . pada tahun 2011, diperkirakan 556.000 perempuan bekerja di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Dibidang pertanian, wanita dapat terkena pestisida dan bahan kimia, berisiko mengalami luka traumatis, gangguan muskuloskeletal dan penyakit pernafasan.

Konstruksi
Pada tahun 2011, 828.000 wanita bekerja dalam konstruksi. NIOSH  berusaha untuk memperbaiki masalah gangguan keselamatan dan kesehatan konstruksi. Wanita yang bekerja dalam konstruksi berpotensi lebih besar terkena gangguan muskuloskeletal, suara bising, dan gangguan pendengaran, asap, dan stres kerja.

Perawatan Kesehatan
Pada tahun 2011, lebih dari 14,8 juta wanita bekerja dalam perawatan kesehatan dan bantuan sosial. Wanita yang bekerja di bidang kesehatan berpotensi terkena penyakit dan luka yang disebabkan perubahan fisik, kekerasan, paparan penyakit menular dan penyakit diare dan bahan kimia berbahaya.

Pabrik
Makanan, pakaian, baham kimia, furnitur minyak, batubara hanyalah beberapa produk olahan oleh pekerja pabrik. Pada 2011, lebih dari 4 juta wanita bekerja di bidang manufaktur. Dengan berbagai macam produk, wanita bekerja dengan risiko terkena paparan bahan kimia berbahaya.

Penjualan
Pada tahun 2011, diperkirakan 7,6 juta wanita bekerja dalam bisnis penjualan pekerja wanita ini memungkinkan terkena risiko stres kerja, kekerasan di tempat kerja, gangguan muskuloskeletal.

Pengangkutan
Pada tahun 2011, 1,6 juta wanita bekerja di bidang transportasi, pergudangan dan utilitas. Wanita yang bekerja di bidang transportasi memungkinkan terkena potensi bahaya kecelakaan pada transportasi, luka akibat jatuh dan penyakit pernafasan.  Perempuan merupakan bagian integral dari semua aspek angkatan kerja  di Amerika Serikat. Dari tahun 2008 hingga 2018, angkat kerja perempuan diproyeksikan meningkat sebesar 9,0%. Jumlah wanita berusia 65 sampai 74 di angkatan kerja diperkirakan meningkat 89,8%.
References
[i] BLS Reports  Women in the Labor Force: A Databook, Report 1040, February 2013; URL  www.bls.gov/cps/wlf-databook2012.pdf
[ii]LA  MacDonald, TR Waters, PG  Napolitano, DE Goddard, M A Ryan, P Nielsen, SD. Hudock. Clinical guidelines for occupational lifting in pregnancy: evidence summary and provisional recommendations. Am J Obstet Gynecol,  (March 2013).  http://dx.doi.org/10.1016/j.ajog.2013.02.047
[iii] http://www.cancer.gov/cancertopics/types/breast
[iv] http://www.cancer.gov/cancertopics/types/cervical
[v] BLS Reports  Women in the Labor Force: A Databook, Report 1040, February 2013; www.bls.gov
[vi] http://www.bls.gov/spotlight/2011/women/audio.htm






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...