Senin, 27 November 2017

Keselamatan Angkat & Angkut Beban





Mengangkat dan membawa beban adalah hal yang biasa dalam bekerja. Namun, latihan sebelum mengangkat beban juga penting. Jika dilakukan dengan tidak semestinta, mengangkat dan membawa beban bisa menyebabkan luka. Kecelakaan dalam angkat angkut menyumbang 25 persen dari seluruh kecelakaan kerja. Cidera penanganan material umumnya terjadi seperti ketegangan, keseleo, luka, patah tulang dan memar.
Kombinasi dari bagian gerakan otot dan tulang belakang untuk pekerjaan angkat angkut adalah sebagai berikut :
1.       Gunakan alat bantu seperti alat bantu mekanik untuk membantu mengangkat beban yang berat.
2.       Memastikan dalam kondisi fisik yang baik
3.       Jaga jarak beban agar mudah dijangkau
4.       Pastikan mendapat pegangan yang pas. Uji berat dan keseimbangan barang dengan badan sebelum bergerak. Jika barang terlalu berat mintalah bantuan rekan kerja untuk mengangkat beban bersama – sama atau gunakan alat bantu mekanik.
5.       Jaga jarak beban tetap dekat dengan tubuh. Pastikan kaki dekat dengan beban. Berdirilah pada posisi stabil dengan pusat pergerakan bertumpu pada kaki bukan pada pinggang saat memidahkan barang.

Jangan :
1.       Memutar punggung atau membungkuk saat memindahkan dan mengambil beban
2.       Cobalah mengangkat dan menurunkan beban dengan bantuan kursi
3.       Angkat dan turunkan beban dengan bertumpu pada kaki
4.       Identifikasi berat beban setiap akan mengangkat

Pelatihan mengangkat beban yang aman perlu diselenggarakan. Praktek kerja aman harus ditegakan dan penyimpangan terhadap pekerjaan angkat angkut harus diperbaiki untuk menghindari insiden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...