Jumat, 08 September 2017

SAFETY SITTING



SAFETY SITTING

Apakah otot – otot anda kadang terasa kaku sakit meskipun sepanjang hari yang anda lakukan hanya bekerja dimeja kerja?  Alasannya, bisa jadi anda melakukan posisi duduk yang salah saat di depan komputer.

Ketidaknyamanan dan cidera otot merupakan keluhan umum bagi pekerja kantoran. Untungnyam anda dapat mencegah atau meminimalkan masalah ini hanya dengan bergerak, menyesuaikan lingkungan kerja anda, atau mengubah kebiasaan kerja anda. Periksalah posisi tubuh anda.

Kerja yang berkepanjangan pada posisi yang sama, terutama posisi yang tidak wajar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri pada otot, tendon dan jaringan lunak lainnya.

Jaga tubuh anda dalam posisi santai dan alami. Idealnya, lengan anda harus menggantung santai. Bila anda menunggunakan keyboard, lengan anda harus ditekuk pada sudu kanan disiku. Tangan anda harus berada dalam garis lurus dengan lengan bawah dan siku dekat dengan tubuh. Kepala anda harus sesuai dengan posisi badan dan agak sedikit maju. Untuk mencapai posisi tubuh yang tepat anda mungkin dapat menyesuaikan tinggi kursi .

Jika anda menggunakan tampilan visual, bagian atas layar harus berada di  atau hanya sedikit dibawah tingkat mata. Hal ini memungkinkan mata anda dapat melihat layar pada sudut yang nyaman, tanpa harus memiringkan kepala atau menggerakan otot punggung anda.

Kursi anda harus mendukung untuk posisi punggung yang baik dan joknya pada ketinggian yang memungkinkan paha anda menjadi horizontal dan kaki rata dengan lantai. Jaga agar peralatan kerja mudah dijangkau. Jika pekerjaan anda membutuhkan penggunaan telepon yang intensif, gunakan headset dapat membantu mencegah masalah leher.

Berikan tubuh anda sedikit relaksasi dengan berdiri, lakukan peregangan . Beberapa latihan peregangan sederhana bisa juga dilakukan dikursi sambil duduk. Bila memungkinkan ambilah istirahat untuk mencegah ketidaknyamanan dan kelelahan saat bekerja.

Kursi yang disesuaikan dengan baik dapat mempengaruhi postur tubuh, sirkulasi. Kursi yang dirancang untuk kebutuhan ergonomis banyak tersedia di pasaran.

Menghindari cidera otot  :

Gangguan otot  berhubungan dengan aktivitas monoton yang dilakukan terus menerus dengan istirahat yang minimal. Awalnya, pekerja tidak akan merasa sakit saat melakukan pekerjaan, tapi mungkin akan merasa sakit pada malam hari. Cidera otot  pada bagian pergelangan tangan adalah paling umum dari semua cidera gerakan berulang yang dikaitkan dengan penggunaan komputer. Untuk mencegah ketegangan otot, lengan harus menggantung lurus turun dari bahu dan kemudian membungkuk ke sudut kanan di siku. Jangan memaksakan lengan dan pergelangan tangan anda keposisi yang tidak nyaman dan tidak alami. Hal itu bisa menyebabkan radang otot  yang halus dan menekan saraf median yang melewati terowongan karpal yang menyebabkan penyakit CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS). Gejala CTS meliputi rasa kesemutan atau kebas bagian tangan dan jari, kesulitan mengepal atau menggenggam benda benda. Penting untuk mengenal jegala CTS, apabila tidak diobati, akan menyebabkan ketidaknyamanan yang parah nyeri berkepanjangan, dan bahkan kehilangan fungsi tangan.

https://canadasafetycouncil.org/workplace-safety/safe-sitting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...