Kamis, 07 September 2017

Think Safe, Do safe !!!

Think Safe,, Do safe !!!

Bahaya di tempat kerja selalu ada disekitar kita, beberapa bahaya dapat mudah terlihat dan bahaya lain ada yang luput dari pemantauan. Beberapa karyawan yang sudah terlatih dan bekerja secara profesional dapat fokus bekerja dengan tetap dapat mengenali bahaya disekelilingnya, namun disisi lain juga banyak pekerja yang tidak fokus dalam mengidentifikasi bahaya. Keselamatan merupakan bagaimana suatu perusahaan membua pekerja datang dan pulang dalam keadaan selamat dan sehat  seperti layaknya pekerja hendak berangkat kerja dari rumah. Hal sederhana yang dapat dilakukan sebelum berangkat bekerja adalah mengecek kendaraan, cek kondisi fisik kendaraan, bahan bakar, rem, ban. Serta lakukan perawatan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Hal yang sama terjadi di tempat kerja. Beberapa masalah keselamatan sehari hari adalah saat pekerja bekerja pada ketinggian tertentu, peralatan apakah yang dapat mendukung untuk melindungi anggota tubuh seperti mata, tangan, kaki. Jika peralatan keselamatan tersebut tidak dipelihara dengan benar, sama seperti kendaraan tadi, pada akhirnya akan kehilangan fungsi akibat rusak dan menyebabkan kecelakaan.
Setiap tahun, hampir 5,7 juta kecelakaan  terjadi di tempat kerja dan sekitar 6000 korban meninggal di tempat kerja dilaporkan.  Kementerian Tenaga Kerja melalui masing – masing Dinas Keteranagakerjaan, perusahaan, dan pekerja memiliki peranan dalam program perlindungan keselamatan dan kesehatan pekerja, mencatat data statistik kematian dan cidera secara berkala dan peraturan dan arahan untuk mengurangi jumlah kejadian kecelakaan tersebut setiap tahunnya. Bahaya di tempat kerja dapat dikurangi dengan menerapkan beberapa program keamanan internal. Dengan melibatkan  pekerja dalam usaha keselamatan & kesehatan kerja agar memberdayakan pekerja untuk berfikir dan bertindak dengan aman. Tiga cara untuk melibatkan karyawan dalam program keselamatan pekerja :
1.    Membentuk Tim komite K3L yang terdiri dari pekerja dan lini manajemen.
2.    Mengadakan rapat rutin dalam komite K3L
3.    Mengadakan pertemuan rutin yang membahas isu K3L.
4.    Membentuk regu/tim/representatif keselamatan kerja.

Safety Representatif.
Melalui pembentukan safety representatid dapat membantu Departemen K3L dalam  masalah penanganan K3L yang tidak terjangkau. Dengan memilih pekerja di lapangan yang berpengalaman  dapat membantu menyebarkan kesadaran kepada pekerja lain tentang keselamatan. Dengan memilih representatif K3L penanggungjawab akan merasa memiliki peran tambah terkait keselamatan kerja disamping tugas utamanya.

Rapat Komite K3L
Menerapkan Komite K3l didalam perusahaan adalah cara yang bagus untuk  melibatkan karyawan dalam berbagai topik dan permasalahan K3L. Keanggotaan yang optimal akan dalam Komite K3L yang mencakup profesional K3L, lini Manajemen, pekerja perwakilan lapangan. Departemen K3L secara terbuka untuk anggota Komite K3L berbagi gagasan untuk meningkatkan keamanan, kesadaran dan kepedulian terhadap K3L bagi karyawan. Perusahaan juga memiliki tanggungjawab dan tujuan yang ingin dicapai dalam hal K3L:
1.      Pemeriksaan K3L lingkungan kerja.
2.      Praktek kerja aman
3.      Pelatihan keselamatan kerja
4.      Kesalahan kerja

Komite K3L mengijinkan pekerja untuk berbagi pemikiran dan belajar dari pengalaman  masing – masing dan menceritakannya ke pekerja kain dalam pertemua K3L resmi.  Strategi ini membantu menumbuhkan budaya keselamatan yang mengembangkan nilai dalam mencapai dan mempromosikan keselamatan dan kesehatan kerja ke arah yang lebih baik bagi perusahaan. 

Source :
Mcllquham, Safety Resources. "think Safe, do safe". 2013, November.

1 komentar:

  1. How to Measure Your Micro Hair Trimmer
    It apple watch series 6 titanium is titanium welding common for women to use a hair anodizing titanium trimmer (also titanium max known as a trimmer) for measurement titanium earrings for sensitive ears purposes. For example, if a woman with a "trimmer" has a hair trimmer,

    BalasHapus

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...