Kamis, 07 September 2017

Kekerasan di tempat kerja



Kekerasan di tempat kerja

Kekerasan di tempat kerja adalah masalah keamanan yang sangat serius. Kekerasan paling ekstrem adalah pembunuhan. Pembunuhan adalah penyebab utama keempat dalam kecelakaan kerja fatal di Amerika Serikat. Kekerasan di tempat kerja bisa berupa tindakan kekerasan fisik, ancaman, pelecehan, intimidasi, atau perilaku mengganggu lainnya yang mengganggu yang terjadi di tempat kerja. Kekerasan di tempat kerja dapat mempengaruhi atau melibatkan karyawan, pengunjung, dan kontraktor. Sejumlah tindakan berbeda di lingkungan kerja dapat memicu atau menyebabkan kekerasan di tempat kerja. Ini bahkan mungkin merupakan hasil dari situasi hubungan kerja yang tidak harmonis antar sesama karyawan, atau terjadinya permasalahan di rumah tangga, bahkan tingkat emosi tinggi yang dipicu saat di jalan raya.
            Kekerasan di tempat dapat ditimbulkan oleh karyawan, manager, koordinator, rekan kerja, pelanggan, anggota keluarga, atau bahkan orang asing. Apapun penyebabnya atau siapapun pelakunya, kekerasan di tempat kerja tidak bisa diterima atau ditolerir. Tidak ada cara pasti untuk memprediksi perilaku manusia, walaupun ada tanda peringatan, tidak ada gambaran profil spesifik seorang individu berpotensi bahaya. Pencegahan terbaik datang dari identifikasi masalah lebih awal .
Rencana pencegahan adalah penting dalam program  jangka panjang. Perusahaan harus memiliki program untuk mencegah kekerasan di tempat kerja seperti Skrining karyawan. Teknik penyaringan pra pekerjaan harus digunakan seperti wawancara latar belakang, cek referensi, tes kesehatan. Membentuk tempat kerja yang aman merupakan program pencegahan yang baik.  Cara sederhana untuk membantu memastikan tingkat keamanan adalah layanan penjagaan (security), kartu akses kontrol untuk akses ke bangunan. Saat di temui situasi yang mungkin berpotensi berubah menjadi kekerasan segera beri tahu atasan dan ikuti prosedur pelaporan yang telah diberikan perusahaan. 

Source:
VanSoest, Kristin. Workplace Violence. Safety Resources. April, 2010.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...