Senin, 11 September 2017

PENGANGKATAN BEBAN DI TEMPAT KERJA



PENGANGKATAN BEBAN DI TEMPAT KERJA
Cidera yang terkait dengan pengangkatan barang sering kali sangat menganggu karena sulit untuk mengobati luka jenis ini. Mengangkat sesuatu yang tidak benar dapat menyebabkan punggung mengalami keram yang sangat menyakitkan. Dalam beberapa kasus, bagaimanapun ada sedikit hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut dengan cepat. Dokter sering memberikan resep obat dan menyarankan untuk beristirahat yang bisa menyebabkan karyawan kehilangan hari kerjanya.

Praktek angkat angkut yang aman untuk mencegah cidera:
Cara terbaik untuk mengatasi cidera yang berhubungan dengan pengangkatan adalah mencegah terjadinya cidera. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cidera. Berikut ini adalah beberapa cara agar dapat mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi di tempat kerja akibat lifting :

1.    Menyediakan lifting Gear
Saat mengangkat, sangat penting untuk melindungi punggung. Menggunakan sabuk dapat memberikan dukungan ekstra ke punggung bawah yang dapat membantu untuk mencegah cidera.
2.    Teknik pengangkatan yang tepat
Melatih karyawan tentang bagaimana harus mengangkat untuk meminimalkan risiko cidera. Karyawan harus tahu bahwa perlu mengangkat dengan bertumpu pada kaki bukan dengan pinggang.
3.    Beri label berat pada barang
Jika terdapat barang yang akan diangkat, barang tersebut harus ditandai jelas dengan berapa beratnya sehingga orang yang mengangkat tahu berapa berat beban yang akan dia angkat. Pemberian label bobot dapat membantu karyawan memutuskan apakah karyawan akan mengangkat bebannya sendiri atau membutuhkan bantuan, atau perlu menggunakan menggunakan bantuan mekanis dari alat.
4.    Menggunakan forklift (jika tersedia)
Forklift merupakan mesin yang penting.  Forklift dapat mengangkat  barang besar dan berat. Menggunakan mesin ini untuk mengangkat beban berat adalah keputusan yang tepat.
5.    Keputusan mengangkat barang yang tepat 
Pastikan semua orang yang angkat barang mengetahui bobot beban yang akan diangkat. Beban barang yang berat memungkinkan untuk diangkat dua orang atau lebih. Harus berhati  - hati dalam mengambil keputusan mengangkat barang berat sendiri  untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Setiap perusahaan harus memiliki peraturan dalam melindungi karyawan agar tidak luka saat mengangkat. Melalui adanya peraturan standar, akan membuat semua orang berusaha bekerja lebih aman. Sebagian besar fasilitas secara langsung dapat mengurangi  cidera dengan adanya aturan pengangkatan. Memaparkan risiko pengangkatan akan membuat karyawan memiliki pemikiran kedua yang tidak bijaksana.

Penanganan cidera mengangkat :
Meskipun pencegahan adalah pilihan terbaik untuk menghindari cidera pengangkatan, namun hal tersebut tidak mungkin untuk dapat menghilangkan semua cidera. Inilah sebabnya mengapa penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana melakukan penanganan saat cidera itu terjadi. Jika Jika seorang karyawan melaporkan bahwa merasa sakit punggung atau bagian tubuh lain saat mengangkat sesuatu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan oleh dokter. Beberapa luka bisa sangat serius dan menyebabkan luka bera jika tidak diobati dengan benar. Karyawan yang cidera akan mengalami penurunan produktivitas kerja secara fisik hingga lukanya sembuh.  Bekerjasama dengan karyawan dalam mencegah cidera adalah cara yang tepat  untuk membuat karyawan tetap sehat dan produktif yang penting dalam keberhasilan perusahaan.


Cara mengangkat beban yang tepat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paparan Asap Rokok di Tempat Kerja

  Paparan asap rokok selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker paru – paru, penyakit jantung koroner, dan stroke dan e...